Perusahaan Jepang Tertarik Gunakan Pangan Lokal Indonesia

Kompas.com - 21/09/2016, 14:32 WIB
Perkebunan Kakao di Jember, Jawa Timur. SENDY ADITYA SAPUTRAPerkebunan Kakao di Jember, Jawa Timur.
EditorJosephus Primus



KOMPAS.com - Sedikitnya tiga jenis pangan lokal, khususnya kakao, diminati perusahaan Jepang untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku produk makanan dan minuman. Mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan hal itu kemarin, usai meneken kerja sama dengan perusahaan asal Jepang Chateraise Holding Co.Ltd. Rachmat Gobel adalah pemimpin Gobel Group yang menjajaki kerja sama dengan Chateraise Holding Co.Ltd untuk membentuk perusahaan patungan PT. Chateraise Gobel Indonesia.

Selain kakao, nantinya, pangan lokal Indonesia yang dimanfaatkan adalah stroberi dan susu. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kakao Indonesia pada 2015 mencapai 700 ribu ton. Sedangkan, produktivitasnya baru 300-400 kilogram (kg) per hektare (ha) per tahun.

Catatan menunjukkan Chateraise Holding Co.Ltd adalah perusahaan makanan dan minuman berasal dari Provinsi Yamanashi. Di negara asalnya, perusahaan itu mengklaim selalu menggunakan  bahan-bahan segar dan bermutu tinggi, hasil kolaborasi  dengan para petani di sekitar pabrik. Perusahaan ini juga menggunakan susu segar dan telur premium dari Provinsi Yamanashi. Perusahaan juga   menggunakan air yang berasal dari mata air alami Hakushu di kaki Gunung Fuji.

Saat ini, Chateraise memiliki lebih dari 450 gerai di seluruh penjuru Jepang. Sejak beberapa tahun terakhir, perusahaan ini telah mengembangkan usaha di luar Jepang yaitu di China 2 gerai, Taiwan 4 gerai, Singapura 3 gerai,  dan Malaysia 2 gerai.

“Banyak keuntungan yang bisa kita raih melalui pengalihan teknologi makanan dari Jepang ini. Karena tidak hanya potensi pasarnya yang besar di dalam negeri, tapi juga berpotensi ekspor,” kata Rachmat Gobel.


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.