Kembangkan Pembangkit Listrik, Barata Berkolaborasi dengan General Electric

Kompas.com - 21/09/2016, 15:38 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Barata Indonesia (Persero) pada hari ini melakukan penandatangan memorandum of understanding (MoU) dengan General Electric (GE), perusahaan multinasional yang induknya berasal dari Amerika Serikat.

Kedua perusahaan tersebut sepakat untuk melakukan kerjasama di bidang pembangkit listrik. Dalam hal ini Barata akan menjadi pemasok komponen dan merupakan bagian dari global supply chain bagi General Electric dalam produk pembangkit listrik.

"Kerjasama dengan General Electric ini merupakan strategi dari Barata Indonesia dalam mewujudkan cita-cita sebagai pemain global serta menjalankan amanah pemerintah untuk meningkatkan local content pembangunan pembangkit listrik di Indonesia," ujar Direktur Utama Barata, Silmy Karim di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Menurut Silmy, kesepakatan Barata dengan General Electric ini tidak hanya sebatas sebagai pemasok komponen pembangkit listrik saja, tetapi juga disepakati juga dalam hal perawatan, dan after sales service (layanan purna jual) atas produk dari General Electric.

"Kami harus apresiasi dan mendukung kebijakan local content ini. Ini suatu kebijakan yang luar biasa," tutur Silmy.

Meski belum disebutkan besaran nilai kerjasamanya, sebagai pihak yang ditunjuk sebagai koordinator dalam peningkatan dan pemenuhan local content dalam proyek 35.000 megawatt pembangkit listrik PT PLN di Indonesia, partisipasi lokal perusahaan dalam negeri mampu ditingkatkan bahkan hingga mencapai 75 persen.

Adanya MoU tersebut akan berdampak positif bagi Barata Kerjasama. Menurut Silmy, hal ini semakin menguatkan posisi Barata sebagai salah satu perusahaan manufaktur dan heavy construction yang mumpuni di Indonesia.

"Kerjasama tersebut juga akan menajamkan salah satu lini bisnis Barata yaitu di bidang pembangkit listrik," tambah Silmy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.