Kompas.com - 23/09/2016, 12:34 WIB
|
EditorAprillia Ika

DENPASAR, KOMPAS.com - Perekonomian di Bali memiliki posisi dan peran strategis terhadap ekonomi nasional. Untuk itu Bank Indonesia (BI) berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah untuk terus mendukung pencapaian target pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Kinerja perekonomian Bali masih menunjukkan tren yang baik. Bank Indonesia mendorong pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat mendukung pencapaian target perekonomian nasional," kata Kepala Perwakikan BI Provinsi Bali, Causa Iman Karana, Denpasar, Bali, Jumat(23/9/2016).

Iman juga menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Bali yang masih membaik terlihat dari peningkatan angka pertumbuhan dari sebesar 6,05 persen (yoy) para kuartal I 2016 menjadi 6,53 persen (yoy) pada kuartal II 2016. Pertumbuhan ini di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,18 persen (yoy).

"Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali pada 2016 diperkirakan mengalami peningkatan yaitu pada kisaran 6,15 persen-6,55 persen (yoy). Perkembangan harga turut menunjukkan kondisi terjaga," tambahnya.

Bank Indonesia Provinsi Bali juga menjelaskan terkait inflasi Bali pada Agustus 2016 tercatat 0,51 persen (mtm), lebih baik dibanding inflasi pada bulan Juli yang sebesar 0,57 persen.

Secara tahunan inflasi di Bali tercatat sebesar 2,81 persen (yoy), lebih rendah dari periode yang sama pada tahun sebelumnya Agustus 2015 yang tercatat sebesar 7,05 persen (yoy).

Tingkat inflasi Provinsi Bali pada 2016 diperkirakan sesuai target sebesar 4,0 persen, kurang lebihnya 1,0 persen (yoy).

Kompas TV BI Prediksi Ekonomi 2017 Tumbuh di Atas 5%
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.