Kadin: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Hanya Andalkan Tiga Hal Ini

Kompas.com - 27/09/2016, 17:59 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia selama ini hanya mengandalkan tiga hal.

"Selama ini pertumbuhan kita dipengaruhi tiga hal saja yakni belanja negara, konsumsi, dan investasi. Ada satu yang sebenarnya bisa yaitu ekspor. Tetapi ekspor kita masih belum berada pada tahap yang positif," katanya.

Menurutnya, sudah sepatutnya saat ini Indonesia lebih gencar dalam meningkatkan kinerja ekspor, terutama melakukan kerja sama dalam bidang perdagangan baik itu free trade (perdagangan bebas) maupun bilateral.

"Saat ini beberapa perdagangan ada dalam tahap negosiasi," tambahnya. Dengan Australia, perjanjian perdagangan bebas akan selesai dalam waktu satu tahun.

Lalu dengan Eropa, yang 1,5 tahun lagi akan selesai. Berikutnya dengan China dan Amerika Serikat.

"Perdagangan bebas ini harus memperhatikan kepentingan dunia usaha kita secara keseluruhan," jelasnya.

Pemerintah tengah mengupayakan perjanjian kerja sama skema kemitraan ekonomi komprehensif dengan Uni Eropa atau Indonesia-Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA). 

Jika perjanjian ini berhasil, Indonesia akan mudah mendapatkan akses pasar. Namun kualitas produk seperti kebersihan, kesehatan pangan, teknologi, dan keamanan harus ditingkatkan agar Uni Eropa yakin dengan perjanjian kerjasama skema kemitraan ekonomi komprehensif dengan Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.