Kompas.com - 29/09/2016, 13:04 WIB
BRI KONTAN/BAIHAKIBRI
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyematkan peringkat idAAA untuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bersama dengan obligasi tahap I, II dan tahap III tahun 2015 yang masih beredar.

"Prospek untuk peringkat kredit perseroan adalah stabil," papar Analis Pefindo, Adrian Noer di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Peringkat mencerminkan dukungan yang kuat dan terbukti dari pemerintah Indonesia, posisi bisnis yang superior, dan profitabilitas yang sangat kuat.

"Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh potensi kenaikan rasio kredit bermasalah karena tantangan dalam kondisi ekonomi," tutur Adrian.

Terkait kinerja perseroan, laba BRI semester pertama 2016 yang dapat diatribusikan kepada pemilik mencapai Rp 12,17 triliun, naik 1,93 persen dari periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 11,94 triliun.

Di semester pertama 2016, kredit BRI tumbuh sekitar 17,30 persen, dari semula Rp 503,6 triliun menjadi Rp 590,7 triliun. NPL gross BRI turun dari semula 2,33 persen menjadi 2,31 persen. Adapun NPL net berkurang menjadi 0,60 persen dari setahun lalu 0,66 persen.

BRI juga tengah menyiapkan penerbitan obligasi tahap pertama senilai Rp 7 triliun pada tahun ini. Nilai ini lebih rendah dari rencana sebelumnya yaitu Rp 10 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penerbitan obligasi tahap pertama sebesar Rp 7 triliun ini merupakan bagian dari penerbitan obligasi berkelanjutan BRI pada tahun ini dan tahun depan sebesar Rp 20 triliun.

Selain menerbitkan obligasi, BRI pada tahun ini juga akan menerbitkan MTN. Surat utang yang akan diterbitkan pada kuartal IV 2016 merupakan bagian dari penerbitan MTN senilai total Rp 5 triliun.

Penerbitan obligasi dan MTN ini selain untuk reprofiling utang, juga digunakan untuk meningkatkan likuiditas yang ada di pasar.

Kompas TV BRI Luncurkan Satelit Senilai 3,37 Triliun



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.