Kompas.com - 30/09/2016, 21:30 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang ibu rumah tangga memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah rumah tangga. Dia adalah penggerak rumah tangga, yang tugasnya sangat kompleks.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika sesekali seorang ibu menghabiskan waktu luangnya sambil berbelanja di luar rumah, seperti ke supermarket atau pun swalayan terdekat.

Namun, terkadang ibu rumah tangga kurang maksimal dalam melakukan penghematan untuk keuanganya. Mengapa demikian?

Meningkatnya kebutuhan dan menjalankan pola hidup boros yang sudah mulai menjadi kebiasaan adalah alasan yang bisa mengurangi pola hidup hemat dalam rumah tangga.

Ibu rumah tangga memiliki tugas untuk memenuhi hal tersebut. Sebaiknya dia mulai mencatat kebutuhan rumah tangganya sesuai dengan budget yang ada.

Jangan sampai membeli begitu banyak barang kebutuhan yang ternyata belum terlalu dibutuhkan.

Bagaimana cara efektif berhemat saat berbelanja di supermarket agar tidak melebihi budget? Berikut ulasannya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Sebaiknya Belanja Makanan Seminggu Sekali

Jika Anda biasanya berbelanja ke supermarket hampir setiap hari, karena banyaknya kebutuhan, ubahlah kebiasaan tersebut menjadi cukup berbelanja hanya satu minggu sekali saja. Anda bisa memulainya dengan membuat list belanjaan yang benar-benar diperlukan.

Tempelkan catatan ini di tempat yang memungkinkan Anda bisa melihatnya setiap waktu. Setiap ada kebutuhan yang stoknya habis, segera tuliskan pada daftar belanja tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.