Tahun Depan, Subsidi BBM dan Elpiji Diusulkan Rp 32,3 Triliun, Subsidi Listrik Rp 45 Triliun

Kompas.com - 04/10/2016, 15:36 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Anggaran DPR belum mengetuk palu untuk mengesahkan pemeritah pusat pada 2017. Meski begitu Kementerian Keuangan sudah mengajukan usulan anggaran termasuk anggaran subsidi energi.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keungan Askolani mengungkapkan, anggaran energi yang berdasarkan kesepakatan panitia kerja yakni Rp 77,3 triliun.

“Perkembangan subsidi energi semakin lama kami kendalikan agar tepat sasaran dan efektif,” ujar Askolani saat rapat dengan Banggar DPR di Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Total subsidi itu terdiri dari subsidi elpiji 3 kg sebesar Rp 20 triliun, subsidi minyak tanah sebesar Rp 2,1 triliun, subsidi solar Rp 8 triliun, pajak pertambahan nilai (PPN) atas minyak tanah dan LPG sebesar Rp 2,2 triliun.

Sedangkan untuk subsidi listrik, Kementerian Keuangan mengusulkan anggaran mencapai Rp 45 triliun.

Sementara itu subsidi energi baru terbarukan belum ada kesepakatan dari Panja tentang besaran angkanya.

Sore ini, Badan Anggaran DPR akan kembali melanjutkan rapat membahas anggaran pemerintah pusat. Berdasarkan jadwal, rapat akan dimulai setelah Rapat Paripurna DPR selesai.

Kompas TV Diprotes, Pemerintah Tetap Kutip Iuran Energi

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.