WIKA Target Pembenahan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Selesai 2017

Kompas.com - 04/10/2016, 21:00 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor konstruksi, menargetkan operasional Terminal 3 baru Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, pada akhir 2017.

Saat ini, pembenahan Terminal 3 baru tersebut oleh Wijaya Karya selaku pemimpin konsorsium Kawahapejaya yang membangun Terminal 3 ini sudah mencapai 45 persen, per awal Oktober 2016.

Hal tersebut dipaparkan oleh Suradi, Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya, melalui keterangan tertulis ke Kompas.com, Selasa (4/10/2016).

Menurut dia, perseroan menargetkan pembangunan terminal sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah dan PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yakni pada kuartal I 2017.

"Progress pembangunan yang sudah dilakukan hingga saat ini meliputi pembangunan terminal domestik, termasuk di dalamnya jalur penghubung menuju terminal, lalu area parkir serta apron," kata Suradi.

Dia menuturkan, sejak awal beroperasi pada 9 Agustus 2016 lalu hingga saat ini, Wijaya Karya mengklaim tidak ada masalah atau kekurangan yang berarti dalam proses penyelesaian pembangunan dan pengoperasian Terminal 3.

Menurut dia, kalaupun ada masalah seperti genangan yang terjadi pada waktu awal pengoperasian, itu bukan hal yang signifikan.

"Wajar genangan terjadi karena pada saat itu curah hujan sedang tinggi, sementara ada saluran air yang sempat tertutup, dan genangan yang terjadi bisa segera diatasi," tandas Suradi. (Baca: YLKI: Terminal 3 Banjir, Ini Keteledoran Kontrakor)

Wijaya Karya mengklaim pengerjaan proyek Terminal 3 dengan nilai kontrak Rp 4,7 triliun berjalan baik hingga saat ini.

Perkembangan tersebut tidak lepas dari pengalaman Wijaya Karya membangun sejumlah terminal bandara di Indonesia. Misal di Bali, Balikpapan, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.