Program KUR Bunga 7 Persen Masih Sepi Peminat

Kompas.com - 08/10/2016, 05:07 WIB
|
EditorAprillia Ika

SEMARANG, KOMPAS.com - Program kredit usaha rakyat (KUR) berbunga rendah yang disalurkan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah masih jauh dari target. Hingga akhir September 2016, penyaluran KUR yang dimasukkan dalam program Mitra Jateng 25 baru sebatas Rp 73,69 miliar atau 21 persen dari target.

"Kami baru menyalurkan kredit kepada 3.936 pelaku usaha mikro di Jateng," kata Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, di sela launching gerakan suku bunga murah (Subure), di Semarang (7/10/2016).

Bank Jateng sendiri masih menargetkan penyaluran mencapai Rp 350 miliar di 2016 ini. Penyaluran kredit itu untuk 35 kabupaten dan kota di Jateng dengan plafon maksimal Rp 25 juta atau disebut mitra 25. Namun realisasinya masih jauh dari target Rp 350 miliar di akhir tahun.

Mitra 25 adalah program yang ditujukan untuk pelaku usaha yang sudah menjalankan usahanya selama minimal enam bulan. Program KUR ini berbunga tujuh persen per tahun.

Program ini dicatat dalam Museum Rekor Indonesia sebagai pelopor bunga rendah di Indonesia.

Supriyatno menambahkan, pihaknya akan terus menggenjot penyaluran kredit dengan memberdayakan seluruh jaringan yang ada. Sejauh ini Bank Jateng telah mempunyai 40 kantor cabang dan 120 cabang pembantu dan 158 kantor kas.

"Kita akan ditunjuk OJk pusat terkait program-programnya di Jateng," ujar dia.

Gerakan Subure selain menargetkan penyaluran kredit, Bank Jateng juga menurunkan suku bunga kredit bagi masyarakat yang menjadi nasabah aktif menjadi single digit.

Para nasabah lama yang biasanya membayar suku bunga 11,5 persen hingga 15 persen diturunkan menjadi 9,45 persen.

Nasabah yang dikurangi bunganya adalah mereka yang berusaha dengan plafon kredit di bawah Rp 5 miliar dan telah berusaha selama 5 tahun. Setidaknya dalam program ini, ada 100 nasabah yang langsung diturunkan bunga pembayarannya.

Kompas TV Bunga KUR Resmi Turun Menjadi 9%
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.