Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II Berencana IPO Tiga Anak Usahanya

Kompas.com - 09/10/2016, 10:45 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) berencana melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering tiga anak usahanya di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Tiga anak usaha tersebut yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), dan PT Jasa Armada Indonesia (JAI).

Direktur Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan, pelaksanaan IPO tersebut bertujuan untuk mendorongan pertumbuhan dan ekspansi bisnis dari masing-masing tiga anak usaha tersebut. 

"IPO ini juga untuk meningkatkan akses permodalan. Jadi tidak perlu meminjam lagi," ujar Elvyn, di Bandung, Jumat (7/10/2016).

Elvyn menuturkan, Pelindo II akan meraih dana sebesar Rp 4 triliun dari IPO tiga anak usaha tersebut. Dana itu nantinya akan dipakai untuk pengembangan bisnis kepelabuhan Pelindo II.

Elvyn juga mengungkapkan, Pelindo II akan melepas 30 persen saham masing-masing anak usaha dari jumlah seluruh saham yang dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Selain manfaat modal, IPO juga membuat anak usaha kami lebih transparan. Kami juga harapkan PTP, KIT, dan JAI bisa jadi salah satu pionir usaha kepelabuhanan Indonesia yang melantai bursa," ujar dia.

Pelindo merupakan perusahaan operator pelabuhan terbesar di Indonesia. Pelindo II memilki 16 anak perusahaan di antaranya PT Pelabuhan Tanjung Priok, PT Jakarta International Container Terminal, PT Pengembang Pelabuhan Indonesia, PT Indonesia Kendaraan Terminal, PT Energi Pelabuhan Indonesia, PT Integrasi Logistik Cipta, PT Jasa Armada Indonesia, dan PT IPC Terminal Peti Kemas.

Kompas TV JK: Kasihan Masinton Jadi Corong

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com