Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Spielberg, Jack Ma Boyong Hollywood ke China

Kompas.com - 10/10/2016, 11:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Bloomberg

BEIJING, KOMPAS.com - Orang terkaya di China sekaligus pendiri Alibaba, Jack Ma akan membawa Hollywood ke China.

Bekerja sama dengan produser dan sutradara film terkemuka Steven Spielberg, Ma sepakat untuk memproduksi dan mendanai film di China, pasar film terbesar kedua di dunia.

Alibaba Pictures Group Ltd membeli saham Amblin Partners, rumah produksi yang terafiliasi dengan Spielberg untuk bekerja sama di bidang produksi, pemasaran, dan distribusi baik di China maupun secara global.

Ini merupakan kerja sama teranyar dalam dua tahun terkahir guna mendorong studio-studio AS menjangkau China yang merupakan pasar besar film box office.

Kerja sama antara Spielberg dan Ma dinilai tidak mudah terjadi, lantaran Spielberg dan rumah produksinya dipandang sangat selektif dalam menjalin kerja sama. Dengan kerja sama ini, Amblin juga memiliki saham dan film-film Spielberg bisa dinikmati di berbagai layanan online Alibaba.

"Di antara konsumen China, ada peningkatan permintaan untuk konten premium global. Kolaborasi ini dapat bertindak sebagai jembatan budaya dan memiliki dampak positif bagi konsumen China generasi berikutnya," jelas Ma dalam pernyataannya seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (10/10/2016).

Alibaba Pictures juga akan menunjuk perwakilan untuk duduk dalam jajaran direksi Amblin Partners, perusahaan kreasi konten yang dibentuk oleh DreamWorks Studios, Participant Media, Reliance Entertainment, dan Entertainment One. Spielberg sendiri merupakan pimpinan Amblin Partners.

"Kami ingin membuat enam sampai sembilan film per tahun. Film-film ini akan didistribusikan oleh jaringan yang termasuk di antaranya Universal Pictures Ltd. Chiba memiliki permintaan dengan pertumbuhan paling pesat di dunia," ungkap Presiden dan Co-CEO Amblin Partners Jeff Small.

Dalam beberapa tahun terakhir, China menjadi fokus bagi studio-studio Hollywood sejalan dengan pasar film AS yang stagnan. Menurut biro konsultan film Artisan Gateway, pada tahun 2015, box office China meraup pendapatan 6,8 miliar dollar AS, naik 49 persen dibanding tahun sebelumnya.

Adapun box office di Amerika Utara meraup pendapatan tertinggi pada tahun 2015, yakni 11,1 miliar dollar AS. Studio-studio film Amerika pun mencari mitra-mitra China untuk pembiayaan dan memaksimalkan pendapatan mereka dari negara yang membatasi penayangan film asijg hanya 34 film per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com