Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Diharap Resmikan Pabrik Semen di Rembang dan Padang

Kompas.com - 10/10/2016, 17:27 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Pabrik semen yang dibangun PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah segera beroperasi.

Semua perizinan untuk pendirian dan operasional pabrik telah dikantongi. Direncanakan pada awal tahun 2017, pabrik berkapasitas 3 juta ton per tahun ini bisa beroperasi.

Kepala Biro Komunikasi Semen Indonesia Sigit Wahono mengatakan, proses pembangunan pabrik telah lebih dari 95 persen.

“Semua izin sudah kami dapatkan. Termasuk izin prinsip, semuanya sudah, tinggal peresmiannya,” kata Sigit, Senin (10/10/2016).

Selain di Rembang, Semen Indonesia juga menyelesaikan pembangunan pabrik semen di Indarung IV, Padang. Kedua pabrik itu diproyeksikan akan mulai beroperasi awal 2017 mendatang.

Pabrik semen di Rembang berdiri di atas lahan seluas 55 hektare dengan luasan tambang mencapai 450 hektar.

Investasi untuk pabrik di Rembang mencapai Rp 4,45 triliun. Produksi pabrik semen Rembang untuk memenuhi kebutuhan semen di Jateng dan Jabar.

“Mudah-mudahan nanti presiden yang meresmikan, dua pabrik sekalian,” ujar dia.

Operasional pabirk semen ini juga memerlukan pasokan listrik sebanyak 150 mega watt. Pasokan akan dipenuhi oleh PT Perusahaan Listrik Negara.

Pabrik semen di Rembang mempekerjakan warga di sekitar pabrik. Di kawasan ring I ada 459 orang, ring II ada 174 orang dan ring III ada 466 orang.

Usai kegiatan penambangan, nantinya akan ada proses reboisasi dan revegetasi. Upaya itu dinilai akan membuat kawasan Pegunungan Kendeng jauh lebih baik dengan pasokan air melimpah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com