Hiswana Migas Usul Jakarta Jadi Kota Percontohan Distribusi Tertutup Elpiji Bersubsidi

Kompas.com - 16/10/2016, 19:31 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - DKI Jakarta diusulkan menjadi kota percontohan untuk distribusi tertutup elpiji bersubsidi tabung 3 kilogram (kg). Keberhasilan ujicoba di ibukota diyakini akan menentukan kesuksesan perubahan mekanisme distribusi elpiji tiga Kg secara nasional.

Ketua Umum Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri Purnomo Hadi optimistis Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan terbuka menyambut usulan ini. Eri ingat, Ahok lah yang dulu pertama kali memberikan pernyataan bahwa Jakarta siap mencabut subsidi bahan bakar minyak.

"Saya setuju kalau DKI sebagai percontohan. Kan Gubernurnya gila juga. Urat takutnya sudah putus. Saya rasa tawarkan saja ke koh Ahok. Pasti mau dia, supaya elpiji ini tidak menyimpang ke yang tidak berhak," kata Eri dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (16/10/2016).

Usulan ini mendapat dukungan dari anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) Dito Ganinduto.

Menurut Dito, selain DKI Jakarta, percontohan juga perlu dilakukan di Banten dan Jawa Barat. Sebab, 60 persen konsumsi elpiji bersubsidi ada di ketiga provinsi ini.

Keberhasilan percontohan di ketiga provinsi ini akan menjadi tolok ukur kesuksesan perubahan mekanisme distibusi elpiji secara nasional.

"Saya sepakat dengan yang diusulkan oleh Pak Eri, mulai saja di Jakarta," kata Dito.

Dia menambahkan, pekan depan ia kan meminta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru, Ignasius Jonan untuk mengkaji usulan ini.

"Kami akan minta ke Menteri ESDM yang baru, untuk melakukan ujicoba di DKI Jakarta dulu. Kalau sudah berhasil di Jakarta, Insya Allah bisa berhasil di Indonesia," kata Dito.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.