Pemerintah Jamin Harga Pangan Tak Bergejolak Saat Masuki Akhir Tahun

Kompas.com - 18/10/2016, 13:17 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menjamin tidak akan ada gejolak harga dalam beberapa waktu ke depan, terutama saat memasuki akhir tahun.

Hal itu merupakan hasil dari rapat koordinasi tingkat menteri yang dihadiri oleh Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita dan Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto.

Airlangga Hartarto mengatakan, rapat yang digelar itu merupakan langkah antisipasi pemerintah memasuki akhir tahun.

"Rapat rutin saja, untuk pengamanan sembako November, Desember, Januari, antisipatif aja," ujar Airlangga di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Selasa (18/10/2016).

Terkait persoalan harga komoditas, Menperin enggan memberikan keterangan lebih lanjut. Namun dirinya memastikan bahwa pemerintah tengah menjamin agar tidak terjadi lonjakan harga dalam beberapa waktu ke depan. 

Berdasarkan data Info Pangan Jakarta di Pasar induk Kramat Jati, Jakarta, Timur, Selasa (18/10/2016) komoditas cabai mengalami kenaikan harga signifikan.

Harga cabai merah keriting mengalami kenaikan Rp 6.000 menjadi Rp 48.000 per kilogram (kg) dibandingkan sehari sebelumnya. Cabai merah besar mengalami kenaikan Rp 3.000 menjadi Rp 49.000 per kilogram (kg) dibandingkan sehari sebelumnya.

Cabai rawit merah mengalami kenaikan Rp 3.000 menjadi Rp 34.000 per kilogram (kg) dibandingkan sehari sebelumnya. Cabai rawit hijau mengalami kenaikan Rp 4.000 menjadi Rp 24.000 per kilogram (kg) dibandingkan sehari sebelumnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Spudnik Sujono mengatakan untuk komoditas cabai tidak ada kekurangan pasokan.

Menurutnya, daerah sentra penghasil cabai dinilai tidak memiliki masalah dalam produksi. 

Berdasarkan data Kementan pada bulan Oktober diprediksi ketersediaan cabai merah besar 76.771 ton, kebutuhan 75.761 ton, neraca 1.010 ton.

Untuk cabai merah keriting diprediksi ketersediaan cabai merah besar 60.816 ton, kebutuhan 53.810 ton, neraca 7.006 ton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.