Sri Mulyani Janji Jaga Militansi dan Loyalitas PNS Kemenkeu

Kompas.com - 18/10/2016, 14:23 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani berpartisipasi dalam program 'Rosi' di KompasTV, Jakarta, Sabtu (24/9/2016). KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIMenteri Keuangan Sri Mulyani berpartisipasi dalam program 'Rosi' di KompasTV, Jakarta, Sabtu (24/9/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak kecil hati lantaran anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) susut Rp 1,4 triliun dari usulan awal dalam pagu alokasi 2017. Ia janji akan menjaga kualitas kinerja semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemenkeu.

"Dilihat dari sisi kualitatif, seperti tadi militansi dan loyalitas jajaran itu tidak kuantitatif, tetapi dia nyata," kata perempuan yang kerap disapa Ani itu dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Bagi Ani, militansi dan loyalitas dalam bekerja merupakan hal yang sangat penting. Apalagi ia mengakui kalau tugas dan tanggung jawab Kemenkeu sangat besar. Selain mengelola keuangan negara, Kemenkeu juga berperan penting dalam mengejar penerimaan negara.

Sebab sektor pajak dan bea cukai yang merupakan motor penerimaan negara berada di bawah kewenangan Kemenkeu.

"Tentu anggaran yang kami usulkan itu untuk mencapai target- target yang kuantitatif yang bisa diukur sebut pajak, PNBP, bea cukai, dan layanan masyarakat," kata Ani.

Lantaran hal itu, Sr Mulyani juga memprioritaskan anggaran untuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia di lingkungan Kementerian Keuangan.

"Termasuk pendidikan untuk jajaran kami (penting) karena kami perlu kemampuannya, skill, pendidikannya, pengalamannya," ucap perempuan kelahiran Lampung itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.