Harga Cabai Diprediksi Terus Naik hingga Akhir Tahun

Kompas.com - 18/10/2016, 17:49 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar"Pedagang cabai merah di pasar Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat melayani seorang perempuan paruh baya pembeli cabai", Kamis (08/09/16)
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri memprediksi harga komoditas pangan utamanya cabai akan terus naik hingga akhir tahun.

"Kemungkinan untuk cabai, sampai Desember harganya akan terus naik karena akan memasuki masa Natal dan Tahun Baru yang biasanya konsumsi akan meningkat hinga 30 persen," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (18/10/2016).

Apalagi, kata dia, beberapa daerah sentra produksi masih belum panen.

Menurut dia, jika di wilayah Jakarta harga cabai tinggi maka itu akan berimbas ke daerah lain meskipun daerah bersangkutan tidak mengalami masalah produksi.

Untuk mengatasi persoalan ini, Abdullah menyebutkan, ada tiga poin penting yang harus diselesaikan pemerintah.

"Pertama, pemetaan wilayah produksi yang harus dilakukan secara terus-menerus agar dapat mengetahui potensi-potensi produksi," tambahnya.

Kedua, pendataan hasil produksi untuk mengetahui data ketersediaan bahan pangan secara akurat.

Ketiga, kelancaran distribusi. "Cabai ini merupakan salah satu komoditas yang mudah rusak," ulasnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi tingkat menteri guna mengatasi persoalan harga dan ketersediaan komoditas pangan untuk tiga bulan ke depan.

Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.