Dukung Tol Laut, Pelni Akan Datangkan Kapal Barang dari Turki

Kompas.com - 18/10/2016, 18:08 WIB
Unsur Muspida Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara menyambut Kapal KM. Caraka Jaya Niaga III-32 sebagai realisasi program transportasi tol laut, Senin (23/5/2016) KOMPAS.com/YAMIN ABD HASANUnsur Muspida Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara menyambut Kapal KM. Caraka Jaya Niaga III-32 sebagai realisasi program transportasi tol laut, Senin (23/5/2016)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorJosephus Primus

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) akan mendatangkan satu kapal barang berkapasitas 520 TEUs dari Turki. Kapal tersebut rencananya akan datang pada 3 November 2016.

Manajer Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Pelni Akhmad Sujadi mengatakan, kapal tersebut didatangkan dengan nilai sebesar Rp 62 miliar. Dana tersebut didapat dari Penyertaan Modal Negara (PMN) 2015. 

Kapal barang tersebut, kata Akhmad, akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan tol laut. "Kan kami punya tugas enam rute tol laut dan sudah kami jalani, tetapi frekuensinya kurang dan perlu ditambah. Jadi kapal tersebut untuk tambah frekuensi," ujar Akhmad saat ditemui di Gedung DPR Jakarta, Selasa (18/10/2016). 

Lebih lanjut, Akhmad menjelaskan, nantinya Pelni akan menambah frekuensi pada rute tol yang paling padat. Salah satunya, yakni pada rute Tanjung Priok-Makassar-Biak. "Rute tersebut muatan kontainernya padat. Jadi perlu tambah frekuensinya," ucap dia.

Akhmad juga mengungkapkan, Pelni juga akan mendatangkan lima kapal barang dengan nilai Rp 500 miliar dari anggaran PMN 2015. Namun, pendatangan kapal barang tersebut masih dalam proses pencarian. "Saat ini kami sedang mencari kapal di sejumlah negara kayak Jepang yang sesuai dengan kriteria," kata dia. 

Sekadar informasi, Pelni mempunyai enam rute pada pelaksanaan tol laut. Rute tersebut yaitu Tanjung Perak-Fak fak-Timuka, Tanjung Perak-Saumlaki-Merauke, Tanjung Perak-Larantukan-Waingapu, Tanjung Priok-Makassar-Biak, Makassar-Morotai-Ternate, dan Tanjung Priok-Tarempa-Natuna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.