Amankan Pasokan Akhir Tahun, Kementan Sebar Pohon dan Benih Cabai Siap Produksi

Kompas.com - 18/10/2016, 18:12 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura tengah melakukan upaya guna mengamankan pasokan cabai jelang akhir tahun dan memasuki awal 2017.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sudjono.

"Ditjen Hortikultura membagikan 280.000 polyback pohon cabai siap berbuah, kemudian kami juga sudah membagikan benih cabai di semua daerah sentra untuk tanam bulan Oktober dan November guna mengamankan kebutuhan Desember sampai April 2017," kata Spudnik kepada Kompas.com, Selasa (18/10/2016).

Menurutnya, pada saat ini sebaran produksi masih tersentral di pulau Jawa, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

"Untuk pemenuhan kebutuhan Kalimantan dan Sumatera masih mendatangkan dari Jawa," ungkapnya.

Saat ini harga cabai di wilayah Jakarta tengah mengalami kenaikan yang signifikan. Berdasarkan data Info Pangan Jakarta di Pasar induk Kramat Jati, Jakarta, Timur, Selasa (18/10/2016), harga cabai merah keriting mengalami kenaikan Rp 6.000 menjadi Rp 48.000 per kilogram (kg) dibandingkan sehari sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.