Miliarder China Beri Insentif untuk Hollywood, Buat Apa?

Kompas.com - 18/10/2016, 18:31 WIB
Konglomerat properti Wang Jianlin, Pemimpin Dalian Wanda Group, memperluas pangsa pasarnya hingga ke mancanegara. Mereka akan mengembangkan hunian tertinggi di Inggris dan sekaligus Eropa Barat. www.nytimes.comKonglomerat properti Wang Jianlin, Pemimpin Dalian Wanda Group, memperluas pangsa pasarnya hingga ke mancanegara. Mereka akan mengembangkan hunian tertinggi di Inggris dan sekaligus Eropa Barat.
|
EditorM Fajar Marta

BEIJING, KOMPAS.com - Miliarder asal China Wang Jianlin melalui grup bisnisnya Dalian Wanda Group berencana memberikan insentif selama lima tahun sebesar 750 juta dollar AS kepada rumah-rumah produksi film Hollywood.

Insentif itu diberikan asalkan rumah produksi itu melakukan proses pengambilan gambar di China.

Pengambilan gambar itu haruslah dilakukan di studio film milik Dalian Wanda Group di Qingdao, China, yang dijadwalkan beroperasi penuh pada tahun 2018.

Subsidi diberikan mulai dari sewa panggung dan set film hingga proses edit pasca produksi, yang seluruhnya bernilai hingga 40 persen dari total anggaran produksi film.

Kemudahan yang diberikan Dalian Wanda ini akan membuat China menjadi alternatif menarik untuk melakukan produksi pengambilan gambar, selain di Kanada dan Romania.

Dalam sebuah acara di Los Angeles AS, Wang memaparkan rencananya ini di depan insan perfilman Hollywood.

Menurut Wang, rencana ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi Hollywood dan bukan untuk persaingan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang terkaya di China itu memang yakin China akan menyalip AS dalam hal industri perfilman box office dalam waktu satu dekade.

Wang menyatakan, pasar China sangat besar. Menurut dia, cara terbaik bagi studio-studio Hollywood untuk mengakses pasar China adalah dengan kemitraan dengan perusahaan-perusahaan film China. "Sulit untuk menemukan orang yang memahami pasar China," ungkap Wang.

Rencana Wang tersebut mengemuka di tengah kecemasan Kongres AS terkait "sifat gila belanja" Dalian Wanda Group.

Sebanyak 16 orang anggota Kongres meminta kepada Kantor Akuntabilitas Negara untuk mengevaluasi implikasi akuisisi asing, menunjuk pada akuisisi Wanda terhadap jaringan industri hiburan.

Wanda mengakuisisi AMC Theaters dan Carmike Cinemas, serta Legendary Entertainment pada awal tahun 2016. Wanda pun kini sedang dalam tahap pembicaraan untuk membeli Dick Clark

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.