Starbucks Ingin Miliki 5.000 Gerai di China Hingga 2021

Kompas.com - 19/10/2016, 22:58 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorM Fajar Marta

BEIJING, KOMPAS.com - Raksasa gerai kopi global Starbucks Corp menyatakan targetnya untuk menambah jumlah gerai lebih dari dua kali lipat di China hingga mencapai 5.000 gerai pada tahun 2021.

Untuk mengembangkan bisnisnya di Negeri Tirai Bambu tersebut, Starbucks menunjuk CEO pertamanya untuk China.

Jaringan gerai kopi terbesar di dunia itu menunjuk Belinda Wong untuk menduduki jabatan CEO Starbucks China.

Sebelumnya, Wong adalah presiden yang bertanggung jawab atas operasional Starbucks di China.

Dengan jabatan barunya sebagai CEO, maka Wong akan terus memberikan laporan kepada John Culver, presiden grup Starbucks Global Retail.

Di samping itu, Wong juga akan mempersiapkan pembukaan pusat pengolahan biji kopi internasional Starbucks Roastery and Reserve Tasting Room di Shanghai pada tahun 2017 mendatang.

Starbucks membuka pusat pengolahan biji kopi pertama di Seattle, AS pada tahun 2014 silam.

Pusat pengolahan biji kopi ini memamerkan biji-biji kopi super premium sekaligus metode pengolahannya hingga menjadi kopi siap minum.

Pembukaan pusat pengolahan biji kopi Starbucks tersebut bukan tanpa alasan. Starbucks ingin mengukuhkan diri sebagai "pemain tulen" di industri kopi secara menyeluruh, sejalan dengan hadirnya jaringan gerai kopi baru, seperti Blue Bottle dan Intelligentsia.

Starbucks sudah beroperasi di China selama 17 tahun. Negara dengan pertumbuhan ekonomi yang amat pesat tersebut pun menjadi pasar penting bagi Starbucks, yang kini memiliki lebih dari 2.300 gerai di lebih dari 100 kota di China.

Selain mengangkat Wong sebagai CEO di China, Starbucks juga menunjuk Leo Tsoi sebagai direktur operasional Starbucks China.

Sebelumnya, ia menjabat wakil direktur utama divisi pengembangan dan desain gerai Starbucks China.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.