Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba dan Pendapatan Yahoo Melonjak pada Kuartal III 2016

Kompas.com - 19/10/2016, 23:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Laba perusahaan teknologi Yahoo kuartal III 2016 melonjak lebih dari dua kali lipat.

Capaian kinerja keuangan yang cukup mengesankan ini mengikis keraguan akan stabilitas bisnis Yahoo setelah muncul rencana penjualan bisnis inti.

Verizon Communications setuju untuk membeli Yahoo dengan harga 4,8 miliar dollar AS. Akan tetapi, peretasan data membuat perjanjian penjualan tersebut dihantui tanda tanya.

Mengutip BBC, Rabu (19/10/2016), pada kuartal III 2016 laba Yahoo melonjak menjadi 163 juta dollar AS, dibandingkan 76,3 juta dollar AS pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, pendapatan Yahoo tumbuh 6,5 persen menjadi 1,3 miliar dollar AS. "Kami tetap sangat percaya diri, tidak hanya pada nilai bisnis kami, namun juga nilai yang dibawa produk-produk Yahoo dalam kehidupan para pengguna kami," ujar CEO Yahoo Marissa Mayer.

Pendapatan dari operasional mobile pada kuartal III 2016 tercatat sebesar 396 juta dollar AS. Angka ini meningkat dibandingkan 271 juta dollar AS pada periode yang sama tahun 2015 lalu.

Laporan kinerja keuangan pada kuartal III 2016 ini merupakan update keuangan pertama pasca kesepakatan Yahoo dan Verizon diumumkan.

Selain itu, realisasi kinerja ini juga berada di atas proyeksi para analis. Saham Yahoo langsung menguat 1,3 persen pasca pengumuman kinerja keuangan kuartal III 2016.

Para analis mengungkapkan, penguatan saham ini menunjukkan bahwa peretasan yang dialami Yahoo baru-baru ini tidak menimbulkan eksodus pengguna dari sistem e-mail Yahoo.

Yahoo menyatakan, peretasan yang terjadi pada bulan lalu memberikan dampak kepada setidakya 500 juta akun pengguna.

Menurut Verizon, kabar adanya peretasan pada sistem data Yahoo dapat memberikan dampak material pada rencana pembelian Yahoo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com