Komisi VII Sarankan Pemerintah Ubah Skema Proyek Pembangunan Kilang Bontang

Kompas.com - 23/10/2016, 14:43 WIB
Ilustrasi kilang minyak AP PHOTO / GERALD HERBERTIlustrasi kilang minyak
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BONTANG, KOMPAS.com - Anggota Komisi VII DPR Gito Ganinduto meminta pemerintah mengubah skema pembangunan proyek kilang baru (New Grass Root Refinery/NGRR) Bontang menjadi penugasan langsung PT Pertamina (Persero).

Saat ini, proyek kilang tersebut masih menggunakan skema Kerja sa
Saat ini, proyek kilang tersebut masih menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau Public Private Partnership (PPP).ma Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau Public Private Partnership (PPP).

"Kenapa (proyek) di bontang tidak diubah jadi penugasan Pertamina. Kalau sekarang kan pakai konsultan," ujar Dito saat ditemui di Kawasan PT Badak NGL Bontang, Sabtu (22/10/2016).

Menurut Dito, dengan menggunakan skema KPBU, proses pembangunan kilang Bontang akan memakan waktu lama. Sebab, dengan skema tersebut Pertamina harus berkonsultansi dengan konsultan membangun kilang Bontang.

"Dievaluasi satu-satu, itu sudah hampir dua tahun tidak ada perkembangan. Menurut saya terlalu bertele-tele, untuk di bontang," imbuh dia. 

Ditemui di tempat yang sama, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina (Persero) Rachmad Hardadi mengatakan, dengan skema penugasan proyek pembangunan kilang Bontang akan cepat selesai. 

Dia mencontohkan dalam tahap pemilihan investor, jika menggunakan skema penugasan maka proses pemilihan akan berlangsung hanya tiga bulan. Sebab, kata dia, jika penugasan Pertamina bisa memilih mitra sendiri tanpa harus berkonsultasi dengan konsultan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, jika menggunakan KPBU, maka proses pemilihan investor akan memakan waktu 1,5 tahun hingga 2 tahun. Karena, Pertamina harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan konsultan dalam memilih investor.

"Bedanya dengan penugasan, kalau penugasan itu bisa dikerjakan sendiri. Kalau sekarang kan saya harus laporkan dulu ke konsultan pendamping," jelas dia. 

Sekadar informasi, ?pemerintah menetapkan skema KPBU dalam pembangunan kilang Bontang. Dengan skema KPBU, pemerintah bisa berkontrak perusahaan swasta nasional atau asing untuk melakukan pembangunan tersebut. Setelah pembangunan, masa konsesi swasta berlangsung selama 30 tahun, setelah itu kilang dimiliki oleh pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.