OJK Dorong Perbankan Jaring Lebih Banyak Agen Laku Pandai di Daerah

Kompas.com - 01/11/2016, 07:35 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberhasilan literasi keuangan di kalangan masyarakat luas, salah satunya didukung dengan penerapan lebih intens terhadap program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Insklusif) yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad pernah mengatakan, keberhasilan penerapan program Laku Pandai itu sendiri harus berlandaskan pada jalinan baik antara pihak perbankan dengan para agen Laku Pandai di seluruh wilayah operasinya.

Muliaman berharap, ke depan bank bisa membina hubungan baik dengan para agen Laku Pandai di berbagai daerah, sehingga akan semakin efektif dan efisien dalam upaya mengenalkan layanan perbankan ke seluruh lapisan masyarakat.

Harapan Muliaman itu sudah mulai diwujudkan salah satunya oleh PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) melalui produk Tabungan Sampoerna–AlfamartKu (TASAKU).

Untuk tahap awal, produk TASAKU yang berjalan selama periode April hingga Desember 2015, telah menjaring sedikitnya 9.000 nasabah dan dilayani di 25 gerai Alfamart dan 10 gerai Alfamidi yang tersebar di Surabaya dan Sidoarjo.

"Banyak anggota masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau belum terbiasa mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan karena bertempat tinggal di lokasi yang jauh dari kantor bank," ujar Direktur Utama Bank Sampoerna, Ali Rukmijah dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Selasa (1/11/2016).

Menurut Ali, TASAKU merupakan produk tabungan yang sederhana, mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan. 

Selain itu, produk ini juga dapat melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antarwilayah di Indonesia, terutama antara desa dan kota.

TASAKU, lanjut Ali, memiliki beberapa keunggulan dibanding produk tabungan lainnya, seperti setoran awal yang ringan, transaksi bisa dilakukan di seluruh gerai Alfamart dan Alfamidi yang terpasang stiker logo SAKU.

Selain itu, transaksi dapat dilakukan sesuai dengan jam operasional Alfamart dan Alfamidi yang terlibat, kemudian menabung tanpa biaya administrasi, dan uang tabungan bisa diambilkan dari kembalian belanja.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.