Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andalan Finance Dapat Fasilitas Kredit dari BCA Rp 300 Miliar

Kompas.com - 01/11/2016, 08:55 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Andalan Finance Indonesia (AFI) melanjutkan kerja sama fasilitas kredit installment loan dengan PT Bank Central Asia, Tbk (BBCA) untuk yang keenam kalinya senilai Rp 300 miliar.

Dengan adanya penambahan fasilitas kredit ini, maka total fasilitas kredit yang telah diterima Andalan Finance dari BCA sebesar Rp 1,42 triliun.

"Kami tengah mempersiapkan pendanaan untuk kebutuhan pembiayaan di tahun 2017 nanti," ujar Presiden Direktur Andalan Finance, Sebastianus H Budi dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Selasa (1/11/2016).

Sebastianus mengatakan, fokus bisnis dan komitmen peningkatan layanan prima terhadap nasabah terus dilakukan guna mendorong kinerja perusahaan.

Selain itu, sinergi dengan pemangku kepentingan, peningkatan kualitas SDM dan implementasi sistem baru yang terintegrasi secara online juga turut mendukung pertumbuhan bisnis Andalan Finance.

Hingga akhir tahun, Andalan Finance menargetkan peningkatan laba bersih sebesar 78 persen.

Selain itu, Andalan Finance juga akan melakukan diversifikasi sumber pendanaan untuk memperoleh struktur pendanaan yang optimal dengan biaya dana yang kompetitif.

Dalam waktu dekat ini pun, Andalan Finance akan kembali mendapatkan tambahan dana dari beberapa bank nasional.

Terkait kinerja perusahaan, hingga kuartal III 2016,Andalan Finance telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 2,6 triliun atau meningkat sebesar 13 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

Penyaluran pembiayaan tersebut telah mencapai 82 persen dari target pembiayaan hingga akhir tahun 2016.

"Kami optimis target pembiayaan tahun ini dapat tercapai seiring penurunan suku bunga acuan 7 days Repo Rate dimana saat ini sebesar 4,7 persen serta semakin kuatnya dukungan dari pemangku kepentingan termasuk rekanan kreditur, rekanan dealer dan Nasmoco Group," ucap Sebastianus.

Andalan Finance menargetkan penyaluran pembiayaan hingga akhir tahun 2016 sebesar Rp 3,4 triliun.

Target pembiayaan ini naik sebesar 20 persen dibandingkan dengan penyaluran pembiayaan di tahun sebelumnya. Perusahaan saat ini masih berfokus pada pembiayaan kendaraan bekas roda empat atau lebih.

Ini ditunjukkan dengan komposisi pembiayaan kendaraan bekas sebesar 75 persen dan sisanya sebesar 25 persen merupakan pembiayaan kendaraan baru.

Dari total penyaluran pembiayaan tersebut, 10 persen berupa kendaraan niaga (commercial) dan 90 persen lainnya berupa kendaraan penumpang (passenger).

Kenaikan pada penyaluran pembiayaan dan nilai aset diikuti dengan efisiensi biaya operasional serta penurunan tingkat piutang tak lancar (non performing financing/NPF).

Penurunan tingkat NPF ini terjadi karena sistem deteksi dini yang dilakukan oleh perusahaan terhadap konsumen yang piutangnya terindikasi bermasalah dalam pembayaran dapat berjalan dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com