Ini Gaya "Blusukan" Sri Mulyani di Pusat Perbelanjaan Kelas Satu

Kompas.com - 02/11/2016, 14:19 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak mau ketinggalan blusukan ke pusat perbelanjaan untuk menyosialisasikan program tax amnesty kepada masyarakat. Namun, tempat yang dipilih tidak sembarangan.

Sri Mulyani memilih mendatangi salah satu pusat perbelanjaan kelas satu di Jakarta, yaitu Pacific Place di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD). Perempuan yang kerap disapa Ani itu datang sekitar pukul 11.45 WIB.

Dia tidak datang sendiri, tetapi didampingi sejumlah pejabat Kementerian Keuangan, antara lain Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi.

Mengenakan pakaian biru hitam dengan motif batik di bagian ujung-ujungnya, Sri Mulyani langsung mendatangi sejumlah toko barang impor mewah.

Galeries Lafayette, Hermes, dan Kem Chicks merupakan toko-toko yang disambangi langsung oleh mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Ia terlihat berbincang santai dengan para staf penjual dan sesekali melontarkan senyumnya kepada para awak media.

Usai kunjungan itu, Ani mengungkapkan bahwa kedatangannya ke Pacific Place bukan tanpa alasan.

"Kami melakukan pendekatan dan bahkan turun langsung ke lapangan yang tujuannya untuk mendekatkan masyarakat untuk menghilangkan berbagai halangan, termasuk persepsi, bahwa berhubungan dengan Ditjen Pajak itu sulit atau kita tidak membantu. Kami ingin menjelaskan supaya bisa prepare ekonomi dengan profesional dan baik," kata Ani.

Menurut Sri Mulyani, Pacific Place memiliki pangsa pasar yang berbeda dibandingkan pusat perbelanjaan yang pernah didatangi Ditjen Pajak, seperti Pasar Tanah Abang dan ITC Mangga Dua.

"Mereka jual barang-barang impor yang mewah seperti apa? Pangsa pasar di Indonesia yang high-end untuk mencari barang-barang impor," kata perempuan kelahiran Lampung, 54 tahun silam itu.

Sri Mulyani mengakhiri blusukan-nya dengan memberikan keterangan kepada media. Setelah itu, dia langsung meninggalkan Pacific Place untuk melanjutkan kegiatannya hari ini.

Kompas TV "Tax Amnesty" Rangkul Pedagang Tanah Abang
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.