Menteri BUMN: 4 Bank BUMN Disatukan, Bakal Menciptakan Efisiensi

Kompas.com - 03/11/2016, 18:41 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah efisiensi dalam suatu perusahaan biasanya ditanggapi negatif para karyawan. Karena biasanya, efisiensi adalah upaya perusahaan mengurangi jumlah karyawannya dengan melakukan mekanisme pemutusan hubungan kerja atau PHK.

Menteri BUMN, Rini Soemarno menuturkan efisiensi yang dimaksud adalah menyatukan bank-bank BUMN agar lebih efisien dalam melayani masyarakat, tanpa mengurangi jumlah karyawan.

"Kita perlu meningkatkan efisien usaha. Efisiensi usaha ini sering kali dianggap dengan pengurangan karyawan. Efisiensi ini lebih kepada operasional kita," ujar Rini usai menghadiri acara Forum BUMN yang diselenggarakan bersama Harian Kompas, Kamis (3/11/2016).

Seperti PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) yang masing-masing tersebar di kawasan Indonesia belum menyentuh daerah-daerah pelosok.

Rini menilai, apabila bank-bank itu disatukan maka bisa dilakukan efisiensi sehingga persebarannya bisa merata di seluruh Indonesia.

"Ini memang ditekankan bagaimana BUMN ke depan bisa terus melakukan pembangunan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemampuan masyarakat dan tentunya pertumbuhan ekonomi di seluruh pelosok Indonesia," tandas Rini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.