Target Pemeriksaan Pajak Google Selesai Tahun Ini

Kompas.com - 07/11/2016, 15:00 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi menginginkan proses pemeriksaan pajak terhadap Google segara rampung secepatnya. "Iya target tahun ini (selesai)," ujar Ken di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Senin (7/11/2016).

Ken kembali menegaskan tidak ada negosiasi dengan Google terkait pembayaran pajak atas aktivitas bisnis perusahaan raksasa internet asal Amerika Serikat itu.

Meski begitu, ia mengungkapkan bahwa dalam pemeriksaan kasus pajak ada istilah closing conference atau pembahasan akhir hasil pemeriksaan.

Closing conference adalah pembahasan antara wajib pajak dan pemeriksa pajak atas temuan pemeriksaan yang hasilnya dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

"Itu rahasia masa saya ngomong (besaran) pajaknya," kata Ken. Sebelumya, ia mengakui ada pertemuan dengan tinggi Google di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun, Ken masih enggan menjelaskan lebih lanjut tentang pertemuan itu. Termasuk hasil pembicaraan dengan perusahaan raksasa internet tersebut.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku akan memfasilitasi proses negosiasi antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan Google Indonesia, terkait dugaan tunggakan pembayaran pajak Google.

Seperti dikutip KompasTekno dari Kontan, Sabtu (5/11/2016), Rudiantara ingin Ditjen Pajak dan Google duduk bersama untuk menyelesaikan persoalan pajak.

Sebab menurut Rudiantara, hanya dengan negosiasi pemerintah bisa mendorong Google membayar pajaknya.

Mengingat, jika dengan aturan perpajakan yang sekarang, maka akan sulit untuk memaksa Google membayar pajak sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Kompas TV Pelanggaran Pajak oleh Google Masih Didalami
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.