Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Pemeriksaan Pajak Google Selesai Tahun Ini

Kompas.com - 07/11/2016, 15:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi menginginkan proses pemeriksaan pajak terhadap Google segara rampung secepatnya. "Iya target tahun ini (selesai)," ujar Ken di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Senin (7/11/2016).

Ken kembali menegaskan tidak ada negosiasi dengan Google terkait pembayaran pajak atas aktivitas bisnis perusahaan raksasa internet asal Amerika Serikat itu.

Meski begitu, ia mengungkapkan bahwa dalam pemeriksaan kasus pajak ada istilah closing conference atau pembahasan akhir hasil pemeriksaan.

Closing conference adalah pembahasan antara wajib pajak dan pemeriksa pajak atas temuan pemeriksaan yang hasilnya dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

"Itu rahasia masa saya ngomong (besaran) pajaknya," kata Ken. Sebelumya, ia mengakui ada pertemuan dengan tinggi Google di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun, Ken masih enggan menjelaskan lebih lanjut tentang pertemuan itu. Termasuk hasil pembicaraan dengan perusahaan raksasa internet tersebut.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku akan memfasilitasi proses negosiasi antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan Google Indonesia, terkait dugaan tunggakan pembayaran pajak Google.

Seperti dikutip KompasTekno dari Kontan, Sabtu (5/11/2016), Rudiantara ingin Ditjen Pajak dan Google duduk bersama untuk menyelesaikan persoalan pajak.

Sebab menurut Rudiantara, hanya dengan negosiasi pemerintah bisa mendorong Google membayar pajaknya.

Mengingat, jika dengan aturan perpajakan yang sekarang, maka akan sulit untuk memaksa Google membayar pajak sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Kompas TV Pelanggaran Pajak oleh Google Masih Didalami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com