Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Target Pajak, Sri Mulyani Minta KKP Pratama dan Madya Kerja Lebih Keras

Kompas.com - 07/11/2016, 21:42 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memberi tugas kepada para Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama dan Madya di penghujung akhir 2016 untuk mengejar target penerimaan pajak.

"Untuk KPP Pratama dan Madya saya ingin meminta lebih keras (bekerja), karena saya tahu konsumsi masyarakat masih tumbuh sehat," kata Menkeu saat membuka Rapat Pimpinan Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Senin (7/11/2016).

Menurut perempuan yang kerap disapa Ani itu, potensi penerimaan pajak dari KPP Pratama dan Madya masih besar bila melihat tingkat komsumsi masyarakat.

Hal itu kata dia, berbeda dengan kondisi di Kantor Wilayah (Kanwil) Wajib Pajak Besar dan Khusus.

Pelemahan ekonomi global yang berdampak kepada sejumlah sektor membuat wajib pajak di Kanwil Wajib Pajak Besar dan Khusus terpukul.

Salah satu sektor yang terpukul adalah sektor pertambangan. Seperti diketahui, harga komoditas pertambangan baik mineral batubara dan migas masih anjlok.

Hingga Oktober 2016, penerimaan pajak baru sebesar Rp 870,95 triliun. Sedangkan target penerimaan pajak hingga akhir tahun sebesar Rp 1.318 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com