Kemudahan Berinvestasi Indonesia Naik, Jokowi Minta Tak Tepuk Tangan

Kompas.com - 09/11/2016, 16:03 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com -- Presiden Joko Widodo mengklaim peringkat Indonesia tentang kemudahan berinvestasi atau easy of doing business, naik tajam.

Pada 2015 lalu, Indonesia menempati peringkat 120 dan pada akhir tahun merangsek ke peringkat 109. Tahun ini, Indonesia pun menempati peringkat yang cukup baik.

"Tahun ini masuk ke angka 91. Ini loncatan yang cukup besar," ujar Jokowi saat membuka Infrastructure Week di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2016).

"Tetapi jangan ditepuki terlebih dahulu. Karena target saya 40," kata dia.

Jokowi merasa belum puas lantaran peringkat di mana Indonesia berada masih cukup berada jauh di bawah negara tetangga, yakni Singapura, Malaysia dan Thailand.

"Kita masih 91. Singapura 2, Malaysia 23, Thailand 46. Kita masih tertinggal jauh," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi berkomitmen untuk terus mendorong debirokratisasi dan deregulasi agar proses investasi di tanah air semakin mudah.

Beberapa hal yang berkaitan dengan percepatan mengurus izin juga menjadi fokus Jokowi. Hal itu antara lain soal praktik korupsi dan pungutan liar, inefisiensi birokrasi dan infrastruktur yang belum merata.

"Khusus soal infrastruktur ini saya sudah sampaikan ke Menteri PUPera (agar dipercepat). Saya enggak mau kerja itu satu shift. Maunya tiga shift karena kita ini sudah tertinggal jauh," ujar Jokowi.

Kompas TV Pemerintah Siapkan Dana Pembebasan Rp 11 Triliun
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.