Reliance Securities: "Mendung" Diprediksi Masih Selimuti IHSG Hari Ini

Kompas.com - 10/11/2016, 08:06 WIB
Ilustrasi pergerakan saham thikstockphotosIlustrasi pergerakan saham
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan masih akan bergerak cenderung tertekan dengan rentang pergerakan 5.303-5.470.

Analis dari Reliance Securities Lanjar Nafi mengatakan, IHSG berpola 'dark cloud cover', secara teknikal memberikan sinyal negatif setelah menyentuh level resistance level tertinggi tahun ini.

"Indikator stochastic masih cenderung positif meskipun bergerak terkonsolidasi dengan indikator RSI yang bearish reversal pada middle oscillator," kata Lanjar melalui keterangan tertulis, Kamis (10/11/2016).

IHSG pada perdagangan Rabu (9/11/2016) ditutup melemah 56,36 poin sebesar 1,03 persen di level Rp 5.414,32 dengan volume cukup tinggi. Aksi jual investor tak terbendung hingga mayoritas indeks sektoral terperosok hingga lebih dari 1 persen pada perdagangan hari. Nilai tukar rupiah pun melemah terhadap dollar AS.

"Investor asing pun tercatat out flow sebesar Rp 56,05 miliar pada perdagangan kemarin," kata Lanjar.

Bursa Asia terprosok paling dalam sejak juni setelah Partai Republik yang mengusung Donald Trump memenangkan pemilihan presiden. Hal ini tentu mengejutkan investor yang sebelumnya mengarapkan Hillary Clinton menang.

Investor cenderung membeli aset safe haven termasuk Yen sehingga mengurangi porsi efek berisiko, meskipuun data indeks harga produksi dan tingkat inflasi di China cukup stabil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bursa Eropa pun dibuka gap down hingga 1 persen di awal sesi perdagangan. Indeks berjangka tertekan cukup dalam menjelang kemenangan Trump sebagai presiden dimana sebelumnya perhitungan elektibitas dimenangkan oleh Hillary Clinton.

"Sentimen kekhawatiran investor terhadap kebijakan yang dinilai kurang pro market membuat investor berlalih pada aset safe haven," kata Lanjar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.