Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HSBC Teken Kerja Sama Transaksi "Repo" dengan Empat Bank Besar

Kompas.com - 10/11/2016, 12:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hongkong & Shanghai Banking Corporation (HSBC) menandatangani kerjasama transaksi Global Master Repo Agreement (GMRA) Indonesia dengan Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI.

Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat likuiditas perseroan. Kepala Departemen Pengembangan Pasar Keuangan Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah mengungkapkan, pengembangan pasar repo bersifat krusial untuk transmisi kebijakan moneter.

Selain itu, hal ini juga penting untuk mengurangi berbagai hambatan yang bisa menghambat likuiditas antar bank.

"Penting bagi BI untuk terus menggeser transaksi yang tidak aman menjadi aman dan sudah menjadi best pratice di berbagai bank sentral di dunia," jelas Nanang di Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Nanang mengungkapkan, bank sentral akan terus memfasilitasi bank apapun yang akan melakukan transaksi repo, baik bank kecil maupun bank besar. Pasalnya, saat ini bank sentral tengah membangun pondasi pasar uang yang berkembang, kredibel, dan sehat.

Pemberian fasilitas ini merupakan implementasi dari Peraturan OJK Nomor 9/POJK.04/2015 tanggal 25 Juni 2015 dan Surat Edaran OJK Nomor 33/SEOJK.04/2015  tanggal 23 November 2015 mengenai transaksi repo.

Pada regulasi yang berlaku sejak 1 Januari 2016 itu, seluruh transaksi repo yang dilakukan oleh lembaga keuangan dengan menggunakan Surat Berharga yang diawasi oleh OJK, wajib menggunakan GMRA Indonesia.

Transaksi repo di Indonesia telah mengalami transformasi. Transaksi ini berawal pada tahun 2013 dengan ditandatanganinya Mini MRA (Master Repo Agreement) oleh 8 bank pionir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com