Naik KRL, Menhub Ingin Lihat Persoalan Transportasi Kereta dan Cari Solusinya

Kompas.com - 10/11/2016, 22:20 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi naik Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek lintas Stasiun Palmerah - Serpong - Tanah Abang pada Kamis (10/11/2016).

Hal tersebut dilakukan Menhub untuk melihat persoalan dan cari solusi tingkatkan layanan transportasi KRL Jabodetabek.  

"Saya mau melihat langsung pelayanan KRL Jabodetabek karena sudah banyak penumpang yang gunakan. Waktu tempuh Serpong ke pusat (Jakarta) dengan angkutan jalan lebih dari 2 jam, sedangkan kalau naik kereta api kan cuma setengah jam, jadi semua lapisan masyarakat lebih  memilih naik kereta", ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis Kamis (10/11/2016).

Budi Karya menuturkan, pihaknya akan menambah frekuensi perjalanan KRL pada jam padat penumpang.

"Kami pikirkan bagaimana saat keberangkatan (jam sibuk) ke Jakarta lebih banyak, atau nambah rangkaian," ucap mantan Direktur Umum PT Angkasa Pura II (Persero) ini. 

Budi Karya juga menyoroti, tentang kepadatan lalu lintas kendaraan di sekitar stasiun, karena lahan parkir di stasiun yang kurang memadai. 

Menurut dia, masih banyak masyarakat yang parkir atau berhenti di bahu jalan sehingga hal ini menyebabkan kemacetan jalan di sekitar stasiun.

"Saya lihat banyak mobil-mobil yang mengantarkan penumpang pada parkir di badan jalan, jadi malah membuat macet, kita evaluasi dan cari penyelesaian yang paling pas," imbuhnya.  

Budi Karya juga mengungkapkan, pembangunan jalur double track (DDT) dan renovasi stasiun Manggarai mengalami keterlambatan. Oleh karena itu, dirinya akan mempertimbangkan untuk memaksimalkan pengerjaan pembangunan pada waktu malam hari, sehingga keterlambatannya bisa diminimalkan.

"Manggarai itu mestinya selesai dalam 2 tahun tapi kalau begini bisa 5 tahun itu," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.