Kompas.com - 11/11/2016, 11:27 WIB
Vice Chairman Alibaba Joe Tsai KOMPAS.com/Aprillia IkaVice Chairman Alibaba Joe Tsai
Penulis Aprillia Ika
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SHENZEN, KOMPAS.com - Vice Chairman Alibaba Joe Tsai mengatakan bahwa pesta belanja online 11.11 Global Shopping Festival juga akan diselenggarakan di Indonesia dan di lima negara Asia Tenggara lain, sebagai bagian dari rencana globalisasi Alibaba Group.

"Tahun ini kami dengan Lazada akan ke Indonesia dan lima negara Asia Tenggara lain seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Filipina," kataTsai dalam sambutannya jelang pembukaan ajang 11.11 Global Shopping Online di Shenzen, China, Kamis (10/11/2016) malam.

Dia mengatakan, saat ini untuk Indonesia bukan masalah ekosistem, siap atau tidak siap. Tetapi yang penting bagaimana ajang ini bisa berjalan. "Kami bekerja sama dengan Lazada untuk membangun tahapan- tahapannya," lanjut dia.

Sebagai informasi, ajang 11.11 ini dulunya bernama Singles Day atau Hari Jomblo. Ajang ini selalu diselenggarakan sejak 11 November 2009.

Pada 2015, Alibaba menghasilkan 14,3 miliar dollar AS untuk penjualan online selama 24 jam saja, melalui Alipay. Transaksi mobile  mencapai 68,67 persen dari gross merchandise volume (GMV).

Transaksi dilaksanakan di 232 negara dengan lebih dari 16.000 merek. Ajang ini diikuti 115 juta pembeli dan 40.000 merchants.

Pada tahun ini, Alibaba memperluas cakupan wilayah festival, lebih luas, lebih interaktif dan lebih menyenangkan dibanding ajang sama dari negara manapun di seluruh dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ajang ini juga menyertakan pengalaman berbelanja menggunakan virtual reality, serta ada sebuah gala sebelum ajang pesta belanja online tersebut dimulai di tengah malam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.