Berharap Sentimen Domestik Sembuhkan Pelemahan Rupiah

Kompas.com - 11/11/2016, 12:48 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pagi ini, Jumat (11/11/2016), nilai tukar rupiah terhadap dollar AS kembali anjlok ke zona pelemahan. Bahkan, rupiah sempat menembus level Rp 13.800 per dollar AS.

Kepala ekonom PT Bank Permata Tbk Josua Pardede mengungkapkan, pelemahan rupiah yang cukup dalam hari ini tidak lepas dari faktor eksternal, yakni terkait kecemasan akan kebijakan ekonomi presiden terpilih AS Donald Trump.

Dollar AS pun menguat lantaran dan dana investor keluar dari negara-negara berkembang. Namun demikian, Josua memandang pelemahan yang dalam ini hanya bersifat sementara karena reaksi sell-off di pasar obligasi AS karena ekspektasi kenaikan inflasi AS.

Ia menyatakan, diharapkan ada hembusan angin sejuk sentimen positif dari dalam negeri yang dapat mendorong penguatan rupiah hari ini.

"Hari ini, BI juga merilis data current account deficit (Defisit Transaksi Berjalan) pada kuartal III 2016 yang diperkirakan berada di kisaran 1,8 sampai 1,9 persen terhadap PDB," ungkap Josua kepada Kompas.com.

Menurut Josua, diharapakan sentimen negatif dari global ini bersifat sementara karena fundamental ekonomi Indonesia masih cukup baik. Apalagi ada ekspektasi masuknya dana repatriasi pada akhir tahun ini yang akan mencapai Rp1 00 triliun lebih diharapkan dapat membatasi pelemahan mata uang rupiah.

Ia yakin BI akan tetap berada di pasar untuk melakukan langkah-langkah stabilisasi yang diperlukan ketika rupiah melemah jauh dari level fundamentalnya.

Mengutip Bloomberg, pagi ini rupiah sempat menyentuh Rp 13.868 per dollar AS. Padahal, pada saat pembukaan, rupiah berada pada level Rp 13.394 per dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.