Kompas.com - 11/11/2016, 13:23 WIB
ilustrasi rupiah thikstockphotosilustrasi rupiah
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Program kemitraan Miwon Indonesia dan Dompet Dhuafa hingga mendekati akhir semester II 2016 menambah jumlah pedagang binaan hingga 300 mitra. Kerja sama kedua belah pihak itu terjalin sejak 2011. "Tahun ini kami memasuki program Pedagang Tangguh Miwon 5," kata Wakil Presiden Direktur PT Miwon Indonesia Lee Dongwon melalui siaran pers pada Rabu lalu.

Kerja sama itu, imbuh  Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Ismail A Said, berfokus pada pedagang keliling, khususnya pedagang bakso. "Ini salah satu program karakter mitra ekonomi yang mampu membentuk kemandirian para pedagang bakso," tutur Ismail.

Catatan dari laman miwon.co.id menunjukkan bahwa hingga program Pedagang Tangguh 4 pada 2015 lalu, jumlah penerima manfaat bantuan gerobak dorong mencapai 250 mitra yang tersebar di sejumlah wilayah di Jakarta. Di antaranya wilayah Pulo Gadung, Cakung, Cipinang, Jatiwaringin, Kampung Bayur, Bidara Cina, Pasar Minggu, Lebak Bulus, Ragunan, dan Kalibata.

Sasaran utama program Pedagang Tangguh Miwon 5 adalah 50 mitra pedagang bakso yang berada di wilayah Kebagusan, Kebayoran Lama, Jagakarsa, Kalibata, Duren Tiga, Pejaten, dan Mampang.

Bentuk bantuan yang diberikan berupa satu unit gerobak bakso dorong dan pembiayaan usaha untuk setiap pedagang. Para mitra juga diberikan penguatan pengembangan kapasitas dan pendampingan usaha.

Miwon menggelontorkan dana sebesar Rp 555 juta untuk program tahap kelima ini. Setiap tahap, dana bantuan yang dikucurkan perusahaan asal Korea Selatan ini berkisar Rp 500 juta sampai Rp 600 juta. Untuk dapat menjadi mitra program ini, para pedagang bakso harus mengikuti proses penilaian dan verifikasi yang dilakukan Dompet Dhuafa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.