Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Alibaba: Indonesia adalah Target Pasar Kami

Kompas.com - 11/11/2016, 14:06 WIB
Aprillia Ika

Penulis

SHENZEN, KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara yang jadi target pasar Alibaba Group untuk Asia Tenggara. Untuk itu, Alibaba akan serius menggarap pasar Indonesia melalui Lazada.

Hal itu ditegaskan oleh Joe Tsai, Vice Chairman Alibaba, pada pidato menjelang dibukanya ajang 11.11 Global Shopping Online di Shenzen, China, Kamis (10/11/2016).

Menurut Tsai, ada beberapa faktor utama dari Indonesia yang melebihi negara Asia Tenggara lain.

Pertama, populasi Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Lebih penting lagi, usia konsumen Indonesia lebih muda dibanding China yang saat ini rata-rata konsumennya di bawah 35 tahun.

Kedua, unik dari Indonesia yakni lebih banyak pengguna mobile untuk melakukan pembelian online ketimbang menggunakan PC. "Ini sangat menarik bagi Alibaba," ujar Tsai.

Sementara itu menurut Kadin Indonesia, pasar e-commerce Indonesia sejak 2012-2016  diperkirakan bertambah sekitar 39 persen. Dan mungkin akan terus meningkat hingga tahun depan. Angka pertumbuhan ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Jumlah pengguna internet yang tinggi jadi faktor yang menarik bagi e-commerce Indonesia.
Berdasarkan data pemerintah, pengguna internet Indonesia di 2016 sudah mencapai 80 juta pengguna atau sepertiga dari jumlah populasi di Indonesia.

Hingga 2020 jumlah pengguna internet di Indonesia diperkirakan mencapai 215 juta pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com