Kompas.com - 14/11/2016, 15:45 WIB
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio, di Jakarta, Senin (14/11/2016) Estu Suryowati/KOMPAS.comDirektur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio, di Jakarta, Senin (14/11/2016)
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengakui terjadi gejolak di pasar modal beberapa hari belakangan. Terhitung dalam dua hari perdagangan hingga Senin (14/11/2016), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi cukup dalam, di atas 6 persen.

Menurut Tito, penurunan IHSG tersebut tidak mencerminkan fundamental pasar modal Indonesia.

Dia menyebutkan, penurunan IHSG lebih dikarenakan faktor psikologis pasar, yang saat ini tengah mengalami ketidakpastian dengan terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45.

"Secara psikologis benar terjadi "Trump's effect". Terjadi uncertainty (ketidakpastian). Dalam kondisi uncertainty ini orang bertindak janga pendek, sehingga high cost. Tetapi secara fundamental semua saham sebagai komoditas masih bagus," kata Tito di Jakarta, Senin.

Tito menjelaskan, dalam sembilan bulan, kapitalisasi saham-saham yang memiliki market cap terbesar masih tumbuh 11,35 persen.

Artinya, kata dia, dalam setahun atau 12 bulan diperkirakan pertumbuhannya mencapai 15 persen.

Kinerja mayoritas emiten bursa pada kuartal III juga terlihat lebih baik. Di sisi lain, dari makro ekonomi, Tito melihat program amnesti pajak juga mendukung perbaikan tata kelola fiskal Indonesia.

"Domestik kita kuat sekali. Beberapa perusahaan growth setahun 15 persen. Kayaknya bursa negara lain enggak ada yang growth-nya setinggi ini. Message-nya apa? Fundamental perusahaan mesti baik. Perusahaan mesti untung, masih beroperasi dengan bagus. Itu yang menarik di Indonesia," kata Tito.

Lantas, jika fundamental pasar Indonesia masih baik, apa yang menjadi penyebab longsornya IHSG?

Menurut Tito ada sejumlah penyebab yang menjadi faktor pendorong anjloknya IHSG, yang utamanya bermuara pada kemenangan Trump.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.