Warren Buffett Beli Saham 4 Maskapai Penerbangan Terbesar AS

Kompas.com - 15/11/2016, 11:30 WIB
Warren Buffet Warren Buffet
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com – Investor kawakan sekaligus salah satu orang terkaya di dunia Warren Buffett melalui perusahaan miliknya Berkshire Hathaway Inc menyatakan telah membeli saham empat maskapai penerbangan terbesar AS.

Keempat maskapai tersebut adalah American Airlines Group Inc, Delta Air Lines Inc, Southwest Airlines Inc, dan United Continental Holdings Inc.

Dalam dokumen regulatori, Berkshire menyatakan memiliki saham American senilai 797 juta dollar AS, saham Delta senilai 249,3 juta dollar AS, dan saham United senilai 237,8 juta dollar AS per 30 September 2016.

Adapun dalam sebuah wawancara, Buffett menyatakan juga berinvestasi di Southwest.

Saham keempat maskapai penerbangan tersebut pun menguat pada Senin (14/11/2016) waktu setempat setelah Berkshire mengumumkan investasinya tersebut.

Namun, belum jelas siapakah yang melakukan investasi, baik Buffett maupun deputi manajer portfolionya, Todd Combs dan Ted Weschler.

Mengutip Channel News Asia, Selasa (15/11/2016), biasanya Buffett secara langsung menangani investasi Berkshire yang lebih besar, seperti misalnya Kraft Heinz Co, Wells Fargo & Co, Coca-Cola Co, dan International Business Machines Corp.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun demikian, harga saham kerap kali naik ketika investor memandang Berkshire-lah yang berinvestasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, maskapai-maskapai penerbangan AS diuntungkan karena menurunnya persaingan lantaran terjadinya merger, dan naiknya biaya dari bagasi dan layanan lainnya.

Biaya bahan bakar yang lebih rendah juga menguntungkan, meski maskapai menyatakan tetap menjaga kapasitas, yang dapat meningkatkan tarif.

Faktor-faktor tersebut membantu keempat maskapai penerbangan terbesar AS tersebut melaporkan rekor laba gabungan mencapai 21,7 miliar dollar AS pada tahun 2015.

Bagi Berkshire, investasi ini menandai kembalinya perusahaan investasi tersebut ke sektor penerbangan setalah terakhir kali Buffett membeli saham USAir senilai 358 juta dollar AS pada 25 tahun lalu.

Kompas TV "Investasi yang Baik Itu Membosankan"
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.