Kemenhub Tawarkan Rusia Kembangkan Jalur Kereta Api Surabaya - Malang

Kompas.com - 15/11/2016, 12:50 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian menawarkan kepada Rusia untuk mengembangkan jalur kereta api Surabaya - Malang. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Prasetyo Boeditjahyono mengatakan, jalur kereta api sepanjang 92 kilometer ini termasuk jalur yang padat. Sehingga diperlukan pengembangan. 

"Selain itu, kondisi jalur kereta api yang masih single track menjadi dasar pertimbangan Pemerintah untuk fokus pada pengembangan jalur tersebut," ujar Prasetyo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jakarta, Selasa (15/11/2016). 

Prasetyo menuturkan, saat ini dirinya telah mengundang pihak Rusia untuk berdiskusi mengenai tindak lanjut dari pengembangan jalur kereta api Surabaya - Malang. 

"Untuk menunjukkan ketertarikan pada kegiatan ini, pihak Rusia bahkan saat ini telah mengirimkan perwakilan untuk berkunjung ke lokasi dan melakukan survei pada lintas tersebut," tuturnya. 

Prasetyo mengungkapkan, proyek pengembangan jalur kereta ini akan bersifat komersial. Sehingga, kata dia, memang diarahkan kepada investor Rusia.

"Bentuk kerja sama dan besaran nilai investasi belum dapat disampaikan karena masih dalam tahap awal pembicaraan," tandasnya.

Sekadar informasi, jalur kereta api Surabaya - Malang ini dilewati KA Singosari Express. KA tersebut berangkat dari Stasiun Gubeng Surabaya hingga berakhir di Stasiun Malang. 

Kompas TV Ubah Layanan Tiket, PT KAI Raih Penghargaan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.