Kompas.com - 16/11/2016, 07:53 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

RUSIA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Rusia hari ini Rabu (16/11/2016) mengumumkan penurunan bea ekspor untuk Urals, campuran paling populer di negara itu untuk minyak mentah. 

Penurunannya yakni dari harga 92,7 dollar AS per metric ton menjadi 90,4 dollar AS. Viscosity, minyak mentah lain, juga diturunkan dari 11,2 dollar AS menjadi 10,9 dollar AS.

Tarif bea baru akan berlaku per 1 Desember. Keputusan ini merupakan tindak lanjut dari pernyataan yang disampaikan Gubernur Bank Sentra Elvira Nabiulina, pada pertemuan tiga komite ekonomi.

Nabiulina mengatakan, Rusia Siap untuk tidak lagi mengandalkan ekspor sumber daya mineral. Nabiulina menyadari transisi ini butuh waktu lama dan tidak akan lancar.

Namun ia optimistis tahun depan Rusia mampu meningkatkan pertumbuhan PDB minimal dua persen.

Mengutip Reuters, kebijakan moneter juga harus relatif ketat untuk melawan tekanan inflasi.

Langkah Rusia memangkas bea ekspor ini dinilai mirip dengan yang dilakukan Arab Saudi Agustus lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saudi menurunkan harga ekspor minyak mentah ke Asia, setelah pada sebulan sebelumnya menaikkan harga didorong optimisme permintaan yang kembali naik.

Seperti Saudi, Rusia juga menjual minyak mentah ke Asia, dan beberapa tahun terakhir ini menunjukkan peningkatan.

Transisi ekonomi di tengah kemerosotan harga menjadi pertanyaan besar, dan menunjukkan Rusia masih mengandalkan sebagian besar pendapatan dari minyak dan bahan bakar. 

Kompas TV Bagimana Harga Minyak Terbentuk?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.