Kompas.com - 16/11/2016, 16:28 WIB
Kondisi proyek pembangunan Tol Trans Sumatera Ruas Medan-Binjai, Senin (29/2/2016). Arimbi Ramadhiani/Kompas.comKondisi proyek pembangunan Tol Trans Sumatera Ruas Medan-Binjai, Senin (29/2/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menerbitkan obligasi melalui Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi tahap I dengan target senilai Rp 1 triliun, untuk membiayai proyek tol trans Sumatera.

Penerbitan obligasi tahap I ini merupakan penerbitan surat utang tahap pertama dari rencana penerbitan senilai Rp 6,5 triliun dalam tiga kali penerbitan.

Rencananya pada tahun depan perseroan akan menerbitkan obligasi tahap II senilai Rp 2,5 triliun, dan pada 2018 menerbitkan obligasi senilai Rp 3 triliun.

Direktur Keuangan Hutama Karya Anis Anjayani mengatakan, obligasi yang diterbitkan senilai Rp 6,5 triliun tersebut, diperuntukkan memenuhi porsi ekuitas dari kebutuhan investasi tiga ruas.

"Ketiga ruas itu yaitu Medan-Binjai (17 km), Palembang-Indralaya (22 km), dan Bakauheni-Terbanggi Besar (140 km)," kata Anis di Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Anis mengatakan, investasi yang dibutuhkan untuk membangun ketiga ruas jalan tol mencapai Rp 21,5 triliun. Dengan porsi 70 persen, maka porsi ekuitasnya mencapai Rp 15,05 triliun.

Anis menyebut, langkah Hutama Karya menerbitkan obligasi senilai Rp 6,5 triliun itu dikarenakan, kebutuhan ekuitas sebesar Rp 15,05 triliun tidak mungkin dipenuhi hanya dari Penyertaan Modal Negara (PMN).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ekuitas ini kan mestinya didanai APBN lewat PMN. Namun karena kondisi fiskal pemerintah, maka Hutama Karya menerbitkan obligasi yang dijamin pemerintah untuk memenuhi bagian dari porsi ekuitas," kata Anis.

Sementara itu dalam kesempatan sama, Direktur Utama PT Danareksa Sekuritas Budi Susanto selaku penjamin pelaksana emisi obligasi mengatakan, obligasi ini ditawarkan dengan kupon atau bunga antara 8,2 persen-8,65 persen.

"Kupon obligasi mengacu FR056 (SUN pemerintah tenor 10 th) ditambah risk premium 30 basis poin-75 basis poin. Saat ini kupon FR056 itu 7,9 persen," ucap Budi.

Kompas TV Obligasi Jadi Hobi, Kredit Bank Tidak Laku?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.