OJK: Belum Ada Pergerakan Simpanan Nasabah Jelang "Aksi 25 November"

Kompas.com - 17/11/2016, 15:03 WIB
Ilustrasi KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTOIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar yang berhembus menjelang aksi demonstrasi pada 25 November 2016 mendatang adalah adanya pergerakan dana simpanan nasabah-nasabah besar, yang kabarnya melakukan konversi dari rupiah menjadi dollar AS.

Selain itu, ada pula isu "rush money" alias penarikan uang secara besar-besaran dari perbankan nasional. Lalu, apakah kabar tersebut benar?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan melakukan pantauan terkait hal tersebut.

"Banyak isu mengenai hal itu. Tapi dari pemantauan kami, belum ada pergerakan DPK (dana pihak ketiga) yang signifikan hingga saat ini," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon ketika dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (17/11/2016).

Nelson tidak menampik adanya pergerakan DPK perbankan saat ini. Menurut dia, naik maupun turunnya DPK di masing-masing bank merupakan hal yang biasa terjadi.

Pada kesempatan yang terpisah, Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rohan Hafas menjelaskan, hingga saat ini transaksi harian nasabah yang terjadi di Bank Mandiri tetap berlangsung normal.

Transaksi tersebut baik dalam denominasi rupiah maupun dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Transaksi harian masih tetap seperti hari-hari lainnya selama ini. Transaksi dollar AS dan rupiah tetap berlangsung normal," jelas Rohan kepada Kompas.com.

Kabar terkait rush money ramai tersebar di media sosial. Selain ajakan untuk menarik uang nasabah dari perbankan nasional, ada pula kabar bahwa aksi call on money terus berlangsung sebagai dukungan penerapan syariat dalam sektor perekonomian.

Kompas TV OJK Bentuk Tim Percepatan Akses Keuangan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.