Permintaan Lesu, Peritel Mode Gap Tutup Lebih Banyak Toko

Kompas.com - 18/11/2016, 11:00 WIB
Jaringan ritel mode GAP. slideshare.netJaringan ritel mode GAP.
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Jaringan ritel mode Gap Inc menyatakan bakal menutup lebih banyak toko dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Hal ini sejalan dengan penurunan lalu lintas konsumen selama musim belanja liburan. Pada Kamis (17/11/2016) waktu setempat, saham Gap turun 4,9 persen ke level 29,21 dollar AS.

"Sejalan dengan tren lalu lintas (pengunjung) yang menantang terus berlanjut, kami sangat berinvestasi pada pemasaran portfolio merek kami selama musim liburan," ujar Direktur Keuangan Gap Sabrina Simmons.

Saat ini Gap menyatakan bakal menutup 65 toko pada tahun 2016 ini. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan perkiraan sebelumnya, yakni 50 toko.

Jaringan ritel mode tradisional kini susah payah bertahan di tengah kehadiran toko-toko online dan jaringan mode fast-fashion seperti H&M, Forever 21, dan Zara yang dikenal karena menawarkan busana yang lebih trendi dengan harga yang lebih murah.

Gap pun menyatakan proyeksi laba mencapai kisaran 1,87 hingga 1,92 dollar AS per lembar saham pada tahun 2016.

Menurut data Thomson Reuters I/B/E/S, para analis secara rerata memprediksi laba Gap mencapai 2,02 dollar AS per lembar saham. Gap melaporkan penurunan penjualan selama tujuh kuartal berturut-turut pada kuartal III 2016.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini sejalan dengan permintaan brand Gap dan Banana Republic tetap lesu. Pendapatan bersih Gap anjlok menjadi 204 juta dollar AS atau 51 sen per lembar saham pada kuartal III 2016.

Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan 248 juta dollar AS atau 61 sen per lembar saham pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, penjualan bersih mencapai 3,81 miliar dollar AS pada kuartal III 2016, dibandingkan 3,86 miliar dollar AS pada periode yang sama tahun lalu.

Pada penutupan perdagangan Kamis, saham Gap naik 24,3 persen pada tahun ini.

Kompas TV JFW Antar Industri Mode Indonesia ke Pasar Dunia
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.