Obama: Pemimpin Dunia Ingin Lanjutkan Kerja Sama Trans Pasifik

Kompas.com - 21/11/2016, 14:08 WIB
|
EditorAprillia Ika

LIMA, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama menyatakan bahwa para pemimpin Asia Pasifik telah memutuskan untuk melanjutkan perjanjian perdagangan Trans Pacific Partnership (TPP). Pakta perdagangan ini ditentang oleh presiden terpilih AS Donald Trump.

Obama menyatakan hal tersebut pada pertemuan Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Lima, Peru, Minggu (20/11/2016) waktu setempat. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla turut menghadiri pertemuan 21 negara di kawasan Asia Pasifik tersebut.

"Mitra-mitra kami telah menegaskan bahwa mereka ingin melanjutkan TPP. Mereka ingin maju bersama Amerika Serikat," ungkap Obama seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (21/11/2016).

Belum jelas bagaimana nasib TPP ke depannya, yang selama ini alot didiskusikan oleh 12 negara. Adapun TPP tidak melibatkan China Dalam kampanyenya, Trump secara keras mengkritisi TPP.

Ia memandang pakta perdagangan tersebut sebagai perjanjian yang buruk dan akan "memperkosa" AS karena mengirim pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya berada di AS ke negara-negara dengan tenaga kerja murah.

Perjanjian perdagangan tersebut harus diratifikasi oleh Kongres AS. Artinya, nasib perjanjian TPP akan tetap berada di tangan Trump yang akan diambil sumpahnya sebagai Presiden AS yang ke-45 pada 20 Januari 2017 mendatang.

Tanpa AS, TPP tidak bisa diimplementasikan seperti bentuknya saat ini. Namun, beberapa pihak memandang Trump dapat menegosiasikan beberapa perubahan dan kemudian mengklaim kredit untuk bisa membalikkan perjanjian.

Kompas TV Kunjungan Kenegaraan Terakhir Barack Obama
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.