Sri Mulyani Berharap "Mr Clean" Era Orba Kembali Sehat

Kompas.com - 21/11/2016, 18:11 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Keuangan era Orde Baru yang dijuluki Mr Clean yakni Mar'ie Muhammad tengah terbaring sakit di RS Pusat Otak Nasional, Cawang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku belum lama ini telah menjenguk pria yang sudah menginjak usia 77 tahun yang saat ini kondisinya cukup memprihatinkan akibat penyakit yang dideritanya.

"Sudah, beliau sadar berkomunikasi dengan saya, bisa mendengar ucapan saya, tapi tidak bisa ngomong. Sedih," ujar Sri Mulyani di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (21/11/2016).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menilai, saat menjadi Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad sangat berkomitmen terhadap perbaikan sistem ekonomi di era pemerintahan Soeharto.

Selain itu, Mar'ie juga dikenal memiliki komitmen yang kuat dalam memperbaiki Kementerian Keuangan dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

"Sewaktu beliau menjadi tim khusus yang membantu saya di Kementerian Keuangan, banyak sekali diskusi soal DJP, komitmen yang luar biasa dan beliau tahu betul apa yang ada di DJP," terangnya.

Sri Mulyani pun berharap agar Mr Clean lekas sembuh dari sakitnya. "Saya berharap kondisi beliau membaik, supaya kembali sehat," ucap Sri Mulyani.

Mar'ie Muhammad lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 3 April 1939. Sosoknya diingat sebagai Mr Clean lantaran perjuangannya memberantas korupsi di era Orde Baru.

Mar'ie diangkat mantan Presiden Soeharto menjadi Menteri Keuangan di Kabinet Pembangunan VI pada 17 Maret 1993.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.