Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terangkat Harga Minyak, Wall Street Sentuh Rekor Baru

Kompas.com - 22/11/2016, 08:02 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di bursa AS ditutup menguat pada akhir perdagangan Senin atau Selasa dini hari (22/11/2016). Indeks-indeks utama di bursa tersebut kembali menorehkan rekor baru.

Bursa AS terangkat terdorong oleh saham-saham sektor energi lantaran harga minyak menguat. Para investor berharap negara-negara anggota OPEC segera memfinalisasi kesepakatan yang akan memangkas produksi minyak guna mendorong penguatan harga komoditas tersebut.

Indeks Standard & Poor's 500 ditutup menguat 16,28 poin atau 0,8 persen di posisi tertingginya 2.198,18. Demikian juga dengan indeks Dow Jones yang berakhr naik 88,76 poin atau 0,5 persen dan menyentuh rekor baru di 18.956,69. Adapun indeks Nasdaq berakhir naik 47,35 poin atau 0,9 persen dan ditutup di 5.368,86.

Menurut Ryan Detrick, analis dari LPL Financial, ini adalah kali pertama sejak 31 December 1999, di mana indeks-indes tersebut mencapai rekor baru secara bersamaan.

Beberapa pekan lalu, penggerak indeks lebih disebabkan oleh terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS yang lebih menitikberatkan pada kebijakan ekonomi pro-growth. Akan tetai saat ini secara perlahan-lahan mulai berubah ke isu lain, yakni kemungkinan naiknya suku bunga acuan dari Federal Reserve.

Analis dari Prudential Financial Quincy Krosby, mengatakan para investor mendorong OPEC untuk membatasi produksi, namun hal itu kemungkinan tidak tercapai.

“Tidak ada sesuatu yang mendorong tercapainya kesepakatan. Ketika semua menyatakan setuju, penawaran dan permintaann akan benar-benar mempengaruhi harga,” jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com