Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Minta Pengelola Pusat Perbelanjaan Fasilitasi UMKM

Kompas.com - 24/11/2016, 23:19 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta para pengelola pusat perbelanjaan memfasilitasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat memasarkan produknya di mal. Salah satunya, memfasilitasi UMKM fesyen muslim.

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kemendag, Noviani Vrisvintati mengatakan, pemerintah telah melakukan upaya agar UMKM fesyen muslim bisa memasarkan produknya di mal. Salah satunya dengan menggelar pameran Hijab Mall to Mall. 

"Fasilitasi ini diperlukan karena selama ini para pelaku UMKM mengalami kendala biaya sewa yang tinggi dalam memasarkan produknya," ujar Noviani dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jakarta, Kamis (24/11/2016). 

Berkembangnya industri fesyen Muslim dipastikan akan mendorong pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan penerimaan pajak negara, hingga pemberdayaan wanita pengusaha.

Terlebih lagi, sejumlah pasar internasional juga mulai berminat pada fesyen muslim Indonesia, seperti di Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Kanada, Belgia, Australia, China, dan Uni Emirat Arab.

"Untuk itu, fesyen hijab perlu dukungan pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi, dan stakeholders lainnya, karena industri ini juga memberikan efek ganda bagi masyarakat, " imbuhnya.

Novi berharap, para pelaku UMKM fesyen muslim dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai stimulus untuk semakin percaya diri membawa merek sendiri dan memasarkan produk untuk bersaing di pasar lokal, regional, dan internasional.

"Selain memasyarakatkan tren fesyen hijab, berbagai kegiatan pendukungnya juga diharapkan mampu menginspirasi masyarakat untuk mencintai hasil karya bangsa sendiri," tandasnya.

Sekedar informasi, pameran Hijab Mall to Mall telah beberapa kali digelar, yaitu di Gandaria City Jakarta, One Belpark Jakarta, Cito Mall Surabaya, Ratu Indah Mall Makassar, dan Palembang Icon Kota Palembang, Trans Studio Mall Kota Bandung, dan Jogja City Mall Kota Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com