Percepatan Pembangunan di Nusa Penida Bali Butuh Dana Rp 1 Triliun

Kompas.com - 28/11/2016, 05:53 WIB
Gubernur Bali Made Mangku Pastika KOMPAS.com/SRI LESTARIGubernur Bali Made Mangku Pastika
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KLUNGKUNG,KOMPAS.com - Percepatan pembangunan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali membutuhkan anggaran hampir Rp 1 triliun. Dana tersebut digunakan untuk mendorong sektor-sektor yang mendorong perekonomian.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan pihaknya telah menanandatangani notulen terkait rencana tersebut.

"Pak Bupati Klungkung bisa menindaklanjuti apa yang mereka (kementerian terkait) harapkan perencanaan yang lebih kongkrit. Kalau saya hitung dari total semuanya kira-kira diperlukan hampir Rp 1 triliun, yang kita minta (dalam paparan) tadi itu," ujarnya akhir pekan lalu.

Gubernur Pastika memaparkan Nusa Penida adalah sebuah wilayah kecamatan di Kabupaten Klungkung dengan luas wilayah 20.275 hektar ayau 64,4 persen dari luas wilayah Kabuoaten Klungkung.

Wilayah Kecamatan Nusa Penida terdiri dari Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan 16 Desa Dinas dan jumlah penduduk sekitar 5.380 jiwa.

Untuk mencapai wilayah ini menggunakan kapal cepat dari Denpasar sekitar 30-45 menit. Nusa Penida memiliki potensi yang harus dikembangkan, di antaranya sektor pariwisata baik wisata darat maupun air, dan potensi pertanian seperti budidaya rumput laut dan pekebunan.

Adapun rombongan dari 12 perwakilan Kementrian RI yang hadir di acara tersebut di antaranya kementerian Perekonomian, Kemaritiman, Bapenas, Keuangan, Pembangunan daerah tertinggal danTransmigrasi, Pariwisata, PU dan Perumahan, Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, Pertanian, Kesehatan, Kebudayaan, Pendidikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.