Sindikasi Bank Mandiri Biayai Proyek Jalan Tol Batang-Semarang

Kompas.com - 29/11/2016, 18:08 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan keikutsertaannya dalam sindikasi pembiayaan proyek Tol Batang-Semarang. Perseroan pun menyatakan ikut serta dalam sindikasi proyek Tol Balaraja.

"Kami ikut sindikasi tol yang di Batang-Semarang dan Balaraja," kata Direktur Corporate Banking Royke Tumilaar di Kementerian BUMN, Selasa (29/11/2016).

Royke menjelaskan, Bank Mandiri akan bergabung dalam banyak proyek sindikasi, khususnya proyek pemerintah.

Pelaksana proyek Tol Batang-Semarang adalah Jasa Marga dan sindikasi dilakukan dengan bank BUMN maupun bank swasta.

Menurut Royke, pembiayaan dilakukan secara sindikasi lantaran tidak mungkin sebuah proyek infrastruktur hanya dibiayai oleh satu bank. Kredit korporasi Bank Mandiri memang lebih banyak disalurkan melalui skema sindikasi.

Proyek Tol Batang-Semarang membutuhkan pembiayaan sekira Rp 2 triliun hingga Rp 3 triliun. Sindikasi kredit untuk proyek tersebut dilakukan oleh dua hingga tiga bank. Namun demikian Royke menyatakan Bank Mandiri merupakan pihak mayoritas.

Sektor kredit korporasi Bank Mandiri pada tahun 2017 mendatang masih akan didorong oleh sektor infrastruktur. Royke menyatakan, sektor infrastruktur memiliki porsi sekira 30 hingga 40 persen dari total kredit korporasi Bank Mandiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.