Mentan: Tak Ada Impor Beras, Bawang, dan Cabai pada Tahun 2016

Kompas.com - 30/11/2016, 14:31 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat Rakornas Kadin di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (28/11/2016). Pramdia Arhando JuliantoMenteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat Rakornas Kadin di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (28/11/2016).
Penulis Ihsanuddin
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman memastikan stok beras, bawang, dan cabai cukup sampai akhir tahun. Dengan begitu, Mentan menegaskan bahwa sepanjang tahun 2016 ini pemerintah sama sekali tidak melakukan impor terhadap tiga bahan pokok tersebut.

"Alhamdulillah tahun 2016 ini kita beras tidak impor. Bawang dan cabai juga tidak impor," kata Amran dalam acara penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Sementara untuk jagung, kata dia, impor pada tahun 2016 ini turun sebesar 60 persen jika dibandingkan dengan impor tahun lalu. Amran pun berterima kasih kepada 73 orang penerima penghargaan APN yang sudah bekerja keras untuk memajukan sektor pangan.

Ia menilai menurunnya impor bahan pangan tidak terlepas dari peran masyarakat. Selain itu, Amran juga menilai kesuksesan ini tidak terlepas dari peran Presiden Joko Widodo yang sangat memberikan perhatian kepada sektor pangan dan pertanian.

"Beliau sangat berpihak kepada rakyat kecil. Selalu bertanya dua kali sehari mengenai perkembangan pertanian," ucap Amran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.